Profil Sekolah

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 23 Pekanbaru terletak di Jalan Garuda Sakti KM. 3 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru merupakan Instansi Pemerintahan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Pada mulanya, sekolah ini merupakan sekolah swasta yang dikelolah oleh sebuah yayasan yang didirikan pada tahun 1984 dengan nama SMP  LKMD.

Dalam masa perjalanan, instansi ini selalu berubah dalam kepemimpinannya. Adapun kepala sekolah dari masa ke masa pada saat itu sebagai berikut ;

  • Bapak Darwis dengan wakilnya Bapak Hendria
  • Bapak Regar (Selesai kuliah di UNRI dan kembali ke Petapahan lalu meniggal dunia
  • Bapak Rusferi
  • Bapak Arman Bsc.

Dari data diatas dapat disumpuklan ada lima orang kepala sekolah yang menjabat di sekolah SMP LKMD dimulai tahun 1984 sampai dengan tahun 1994. Perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan semakin tinggi, sehingga pada akhir tahun 1994, tepatnya 05 Oktober 1994 sekolah ini diresmikan menjadi salah satu sekolah yang berstatuskan negeri dan diberi nama SMP Negeri 23 Pekanbaru. Sehingga sampai dengan sekarang nama SMP Negeri 23 masih melekat di daerah panam. Tentunya setelah diresmikan menjadi sekolah negeri, SMP Negeri 23 Pekanbaru menjadi salah satu dan mendapatkan perhatian dari Dinas Pendidikan baik kota madya, propinsi bahkan dari pusat. Pembangunan infrastrutktur pun mulai dibangun demi menggapai tujuan nasional pendidikan.

Kepemimpinan kepala sekolah setelah dijadikan salah satu sekolah negeri dijabat oleh beberapa orang yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadapt dunia pendidikan dan kecintaannya terhadap mendidikan sangat besar, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan dan mengharumkan nama sekolah khusunya dan pendidikan pada umumnya.

Adapun pelaksana kepemimpinan pada SMP Negeri 23 Pekanbaru setelah diresmikan menjadi sekolah negeri adalah sebagai berikut :

  • Bapak Mustafa ( Sedang menjabat sebagai kepala SMP Negeri 21 Pekanbaru)

Kepemimpinan Bapak Mustafa hanya selama 5 bulan, karena beliau juga menjabat sebagai kepala sekolah di salah satu SMP Negeri di Kota Pekanbaru

  • Ibu Hj. Syahniar (Tahun 1998 sampai dengan 2002)

Dalam masa kepemimpinan Ibu Hj. Syahniar diperbantukan oleh wakil yaitu Bapak Hendria dan Bapak Hafiz

  • Ibu Dra. Midawati

Masa kepemimpinan Ibu Midawati ini diperbatukan oleh wakil Ibu Erminel Amran, BA

  • Bapak PJS Akmal

Masa kepemimpinan Ibu Midawati ini diperbatukan oleh wakil Bapak Ungil Manulang

  • Bapak Julius, S.Pd ( dari tahun akhir 2002 sampai dengan akhir 2007)

Pada masa kepemimpinan Bapak Julius ini tahap pertama diperbantukan oleh wakil Bapak Asrin Hamzah. Pada masa jabatan kedua diperbantukan oleh wakil Bapak Hendria

  • Ibu Dra. Yusnaeti Ardina, M.Pd ( Awal tahun 2008 sampai Maret 2013)

Pada masa kepemimpinan Ibu Dra. Yusnaeti Ardina diperbantukan oleh wakil Bapak Hendria.

  • Bapak Muhammad Salim, S.Pd ( Maret 2013 sampai dengan sekarang)

Pada Masa kepemimpinan Bapak Muhammad Salim, S.Pd diperbantukan oleh 3 (tiga) orang Wakil Kepala Sekolah yaitu :

–          Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak H. Abdurrahman, S.Pd

–          Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan Bapakn Hendria, S.Pd

–          Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Bapak Kasiarlis, S.Pd

Awal tahun 2013 ini, SMP Negeri 23 Pekanbaru menggunakan 2 (dua) jenis kurikulum yaitu : KTSP (untuk kelas VIII dan IX) dan Kurikulum 2013 (untuk kelas VII).

Dari data diatas dapat kita perhatikan sudah banyak terjadi proses pertukaran kepemimpinan pada SMP Negeri 23 Pekanbaru yang sekaligus menunjukkan wajah dan usia dari sekolah tersebut. Saat ini sekolah SMP Negeri 23 Pekanbaru bertekad akan menjadi sekolah yang memiliki standar taraf pendidikan nasional.

Dari siklus perkembangan Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru selalu berusaha memberikan hasil yang terbaik dalam mendidik peserta didiknya dengan memberikan berbagai macam pengajaran baik yang bersifat intrakurikuler maupun bersifat ekstrakurikuler. Tujuan utama sekolah ini adalah menjadikan anggota didiknya sebagai manusia yang berkualitad dalam ilmu dan pengetahuan berdasarkan iman dan taqwa, serta menjadikan tenaga kependidikan yang dapat dijadikan contoh teladan yang baik dan berakhlak mulia.